Masjid Baru Lengkapi Kebahagiaan Idul Fitri Muslim Detroit

Idul fitri tahun ini, bagi warga minoritas Muslim di Detroit, AS menjadi Idul Fitri yang istimewa. Karena bersamaan dengan perayaan hari besar ini, warga Muslim meresmikan masjid baru mereka yang dibangun karena makin meningkatnya jumlah warga Muslim di kota itu.

Imam Abdul Latif Azom seperti dikutip The Detroit News edisi Jumat (12/10) mengungkapkan kebahagiaannya dengan berdirinya masjid baru itu. "Merayakan Idul Fitri di masjid baru kami adalah hal yang membahagiakan semua orang yang terlibat di dalamnya. Sekarang kami punya tempat yang lebih luas dan punya banyak kesempatan untuk memberikan pelayanan bagi para jamaah terutama kaum mudannya, " kata Imam Azom.

Cerita di balik pembangunan masjid di Detroit ini juga cukup unik. Dulunya, warga Muslim Detroit biasa melaksanakan salat berjamaah di sebuah gedung pelayanan pemakaman bernama McDougall yang berlokasi di kawasan Hamtramck. Saking banyaknya jamaah, kadang barisan mereka sampai ke bekas gereja Katolik bernama Gereja Our Lady Help. Suatu hari, seorang pendeta di gereja datang pada Imam Azom dan menawarkan gereja yang akan dijualnya, karena gereja itu akan ditutup.

Mendengar tawaran itu, aktivis Muslim di Detroit segera menggalang penghimpunan dana sumbangan untuk membeli gereja tersebut dan mengurus kepemilikannya, dan kemudian membangun masjid di lokasi itu.

Seorang aktivis Muslim di Hamtramck mengaku senang melihat masjid baru itu akhirnya bediri juga. "Ini lebih baik, ini betul-betul gedung yang bagus dan orang-orang akan merasa lebih nyaman sekarang, " komentar Abusayed Mahfuz.

Sama dengan sebagian warga Muslim di sejumlah belahan dunia, warga Muslim di AS merayakan Idul Fitri pada hari Sabtu (13/10). Untuk menandai datangnya Idul Fitri, warga Muslim di AS berkumpul di gedung Empire State Building yang mennjadi ikon kota NewYork.

Pengelola gedung ini memutuskan untuk menghias gedung dengan lampu-lampu warna hijau sejak hari Jumat sebagai tanda turut bergembira atas datangnya hari raya bagi umat Islam ini.

"Untuk pertama kalinya Gedung Empire State dihias dalam rangka perayaan Idul Fitri, dan hiasan ini akan menjadi kegiatan tahunan seperti ketika datang perayaan Natal dan Paskah, " kata seorang pengelola gedung dalam pernyataan resminya. (ln/iol)