Mekah Bagaikan Kota Mati Masjidil Haram Sepi, Sopir Taksi Menangis

Pemandangan di Mekah juga sangat jarang terjadi, setelah jamaah umrah dilarang masuk ke Saudi Arabia. Supir taksi pun banyak yang kesulitan mencari penumpang, apalagi jika mereka harus menyetor uang kepada pemiliknya.

“Astaghfirullahaladzim, tadi saya naik taksi, itu tukang taksi hampir nangis ke saya. Dia mau dibayar 2 Real saking nggak dapat penumpang,” tambahnya.

Tetapi, biasanya setelah adzan Isya, biasanya akan sedikit terlihat keramaian. Dan setelah jam 10 malam waktu setempat, akan terlihat sepi kembali. Padahal biasanya, jalanan sangat ramai oleh orang-orang yang sedang melakukan ibadah umrah.

Kemungkinan penutupan sementara ini akan berlangsung selama 4 bulan menurut Alman. “4 bulan lagi waktunya bukan waktu yang sebentar,” tukasnya.

Namun ia berharap, semoga tidak berlangsung lama penutupan yang dilakukan pemerintah Saudi Arabia. Apalagi sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadan dan dilanjutkan dengan musim Haji.

Semoga kita semua dilindungi dari virus corona yang penyebarannya kian masif, terutama di negeri kita tercinta, Indonesia.[viva]