Mendagri Inggris: Perlu Waktu 50 Tahun untuk Taklukkan Al-Qaidah

Menteri Dalam Negeri Inggris John Raid menyatakan, dunia tidak akan mudah mengalahkan jaringan Al-Qaidah pimpinan Usamah bin Ladin yang hingga kini masih raib. Ia bahkan memperkirakan, perlu waktu separuh abad minimal untuk bias menaklukkan Al-Qaidah.

Harian The Independent terbitan hari Selasa (16/1) mengurai perkataan Raid yang menyebutkan, “Pertarungan untuk mengalahkan ancaman Al-Qaidah bisa memakan waktu separuh abad lamanya. Kondisi perang bisa saja seperti perang dingin baru.”

Menurut Raid, ancaman paling pertama sudah diketahui yakni Al-Qaidah yang pernah melakukan serangan di Birmingham tahun 2000. “Sejak itulah semakin tinggi ancaman kaum ekstrimis Islam dari tahun ke tahun, ” kata Raid.

The Independent juga mengutip perkataan Raid, bahwa peperangan yang dilancarkan untuk menaklukkan Al-Qaidah adalah peperangan hati, akal, pikiran dan nilai, sebelum peperangan melalui medan yang lain. Menurut Independent, Mendagri Inggris itu beberapa waktu lalu pernah mengajukan usul kepada PM Inggris Tony Blair untuk lebih meningkatkan pelayanan keamanan bagi warga Inggris.

Permintaan itu terkait dengan sidang mahkamah Inggris terhadap enam warga Muslim yang dituduh terlibat dalam peledakan di London tahun 2005. Jaksa penuntut umum, Neigel S mengatakan bahwa ledakan tahun 2005 itu telah menewaskan 52 orang, termasuk 4 orang yang melakukan peledakan tersebut. (na-str/albwb)