Muslim Kenya Masih Dicekam Tindakan Kekerasan PIhak Keamanan

mesjid kenyaMuslim di Kenya masih mencekam atas kekerasan  serangan berdarah pada sebuah masjid besar di kota pesisir Mombasa oleh polisi anti teroris yang mengakibatkan beberapa jamaah  tewas , mereka mengatakan bahwa menyerang rumah ibadah adalah benar-benar tidak dapat diterima .

” Kami menghargai bahwa pemerintah memiliki tanggung jawab utama memelihara keamanan di negara itu , tetapi tindakan  yang berlebihan dengan kekuatan tidak dapat diterima untuk menyelesaikan masalah , ” ujar Imam dari  Masjid Jamie Sheikh Muhammad Swalihu , yang mengawasi lembaga Muslim terbesar dan paling berpengaruh di Kenya.

” Tempat ibadah harus dihormati dan tetap sakral dalam keadaan apa pun . Cara polisi menodai masjid tidak dapat dibenarkan , ” tambahnya .

Serangan pada  hari Minggu lalu dengan  ratusan polisi bersenjata berat mengepung Masjid Musa di Mombasa selama beberapa jam , berusaha untuk membatalkan seminar sehari yang diselenggarakan oleh pemuda di masjid yang mereka duga seminar tersebut membahas aturan Jihad dalam Islam .

Serangan polisi tanpa dialog terlebih dahulu itu segera menembakkan gas air mata ke dalam masjid , sebelum menyerbu masuk ke dalam gedung dengan senjata tajam  untuk menangkap para pemuda , para jamaah Masjid menentang keras atas tindakan kekerasan pihak kepolisian tersebut.

Pada akhir insiden sejumlah orang terbaring kaku , termasuk seorang perwira polisi , sementara beberapa lainnya terluka .

Jumlah pasti kehilangan nyawa jamaah Masjid  dalam insiden berdarah masih belum jelas , kelompok hak asasi manusia menegaskan bahwa sedikitnya delapan orang tewas , bertentangan dengan angka yang diumumkan oleh pihak kepolisian yang hanya menyebut tiga orang tewas . Dan setidaknya 130 orang ditangkap , sementara setidaknya 10 masih belum ditemukan .

Polisi juga mengklaim bahwa mereka para jamaah Masjid menyimpan senjata  AK 47 di masjid namun tuduhan ini  gagal  meyakinkan banyak Muslim karena mereka  percaya pasukan keamanan-lah yang telah menanam senjata tersebut di Masjid agar mereka memiliki pembenaran atas serangan mereka .

Ulama Sheikh Ibrahim Lethome bertanya-tanya mengapa polisi tidak berusaha untuk menghentikan pertemuan sebelum dimulai , jika mereka menganggap hal itu sebagai ” ancaman keamanan . ”

” Jika mereka menentang pertemuan itu, mengapa mereka tidak membatalkan dan kuasai tempat seminar itu di  pagi hari, dan kenapa mereka  menyerang masjid di tengah hari , ketika orang-orang telah datang untuk melakukan sholat berjamaah ? jika Kepolisian melakukan tindak keamanan secara dini tentunya akan mencegah konfrontasi dan korban jiwa yang tidak perlu , ” katanya.

” Kami tidak mampu untuk tetap diam pada kenyataan bahwa polisi menggunakan kekerasan yang berlebihan dalam mengganggu pertemuan itu , pelanggaran berat hak asasi manusia dan anak-anak . Padahal kita tidak mendukung setiap aktivitas ilegal oleh setiap orang Muslim atau non – Muslim , tindakan polisi tidak dapat dibenarkan sama sekali , ” tambahnya .

Pihak polisi mengklaim bahwa serangan itu direncanakan untuk mengekang segala tindakan ‘ radikalisasi ‘ pemuda Muslim , dan menjadi  propaganda  untuk kelompok Al – Shabbab di negara Afrika timur .

” Melalui tindakan  kekerasan yang tidak perlu , justru para pemuda Muslim tanpa disadari akan menjadi  radikal dan akan masuk proses perekrutan perlawanan bersenjata , ” kata Ketua Forum Muslim Hak Asasi Manusia Al – Amin Kimathi .

Kimathi memperingatkan bahwa penggunaan kekuatan berlebihan oleh pasukan keamanan dan tidak menghormati masjid dapat memicu siklus kekerasan di negara antara pemuda dan polisi .

Masjid Musa memang menjadi sasaran  perhatian pasukan keamanan Kenya selama beberapa tahun terakhir  karena diduga merekrut para pemuda di Kenya untuk bergabung dengan kelompok Al Shabaab Somalia yang mengaku berjuang untuk menetapkan aturan Syariah di Somalia .

Pada bulan Agustus 2012, ulama masjid Sheikh Aboud Rogo tewas dalam sebuah mobil karena penembakan oleh orang-orang yang diduga adalah  kepolisian Kenya , karena pihak polisi resah atas khotbah-khotbah ulama tersebut yang menasihati pemuda Muslim di Kenya untuk bergabung dengan Al Shabaab .

Selanjutnya  pada Oktober 2013 , penerus syeikh Rogo,  Sheikh Ibrahim Omar , juga ditembak mati dalam kondisi yang sama .

Tapi khotbah-khotbah mereka tidak putus karena pembunuhan tersebut, karena telah  tersedia dalam DVD dan rekaman audio , dan masih memberikan pengaruh yang cukup besar ke semangat  pemuda Muslim di Kenya .

Pasukan keamanan Kenya menganggap Al Shabaab merupakan ancaman keamanan , menyalahkan kelompok atas sejumlah serangan di Kenya , termasuk ledakan bom dan penculikan orang asing yang tinggal di Kenya . September lalu, sebuah pusat perbelanjaan terkemuka di Nairobi diserang oleh kelompok tersebut , di mana setidaknya 67 orang tewas dan ratusan luka-luka .

Baru-baru ini , para pemimpin Muslim mengadakan sebuah konferensi di Nairobi untuk mengeksplorasi strategi melawan ide-ide dari kelompok yang melakukan serangan terhadap warga sipil atas nama Jihad seperti Al Qaeda dan Al Shabaab .

Mereka menyimpulkan bahwa salah satu faktor pendorong pemuda Kenya menjadi kelompok-kelompok tersebut adalah tindakan oleh pasukan keamanan seperti penangkapan sewenang-wenang , pembunuhan di luar hukum Muslim dan serangan terhadap masjid , semua atas nama ” memerangi terorisme . ”

” Muslim di Kenya marah pada apa yang polisi lakukan di Masjid Musa , ” kata Sheikh Lethome .

” Kejadian ini mungkin mendorong beberapa pemuda marah untuk melakukan serangan di Kenya dan membenarkan pembalasan. Polisi hanya meningkat situasi bukannya menyelesaikan masalah. ”

Diperkirakan bahwa setidaknya ada 10 juta Muslim di Kenya dari total 40 juta, yang sebagian besar tinggal di bagian pesisir dan utara timur negara itu . (OI.Net/KH)