Pemegang Rekor Haji, Ketaqwaan dan Perbuatan Baik, Perpanjang Umur

Usianya sudah 124 tahun, namun Medhas Al-Rashidi tetap semangat menjalankan ibadah haji. Al-Rashidi bisa jadi memegang rekor tertinggi ibadah haji, karena tahun ini merupakan ibadah hajinya ke ke-95. Bagi laki-laki asal Arab Saudi ini, ibadah haji membuat pikirannya selalu tenang dan damai.

Ditanya tentang rahasia panjang umurnya, Al-Rashidi mengatakan, “ketaqwaan dan perbuatan baik bisa membuat orang panjang umur. “

Rekor Al-Rashidi menunaikan ibadah haji sampai 95 kali, rencananya akan dimasukkan ke dalam catatan Guiness Wolrd Record. Ia berhaji hampir setiap tahun bersama sejumlah ulama dan da’i terkemuka di dunia. Surat kabar Al-Riyadh menyebutkan, musim haji tahun ini, Al-Rashidi berkesempatan menunaikan ibadah haji bersama Mufti Kerajaan Arab Saudi.

Ia juga menceritakan pengalamannya berhaji bersama Raja Abdul-Aziz, pendiri Kerajaan Arab Saudi, sebelum penaklukan Riyadh. “Ayah saya tewas dalam penaklukan itu, ” kisahnya.

“Saya melakukannya dengan harapan mendapatkan pahala dan meninggal dunia dengan tenang dan damai, ” ujar Al-Rashidi.

Kakek yang menikah sebanyak tiga kali dan memiliki tujuh anak ini, menceritakan perbedaan ibadah haji zaman dulu dengan zaman sekarang. zaman dulu, katanya, jumlah jamaah tidak lebih dari ribuan orang. Tapi sekarang, jumlahnya mencapai tiga juta orang. “Ini menunjukkan bagaimana pemerintah (Saudi) melakukan upaya terbaiknya untuk memberikan fasilitas berhaji bagi semua umat Islam di dunia, ” tukas Al-Rashidi. (ln/al-arby)