Pengungsi Muslim Rohingya Ini Menyangka Aceh Adalah Malaysia

pengungsi rohingyaEramuslim.com – Sejumlah pengungsi Muslim Rohingya dari Myanmar sempat mengira bahwa mereka telah tiba di Malaysia saat diselamatkan oleh otoritas Aceh.
“Kami mendengar bahwa sejumlah penumpang mendekat ke pantai dan mengatakan bahwa ini adalah Malaysia dan anda mendapatkan apa yang anda bayarkan. Mereka kemudian tiba di darat dan menemukan bahwa ini bukanlah Malaysia,” kata kepala misi International Organization for Migration (IOM) Mark Getchell seperti dimuat Reuters.
Perlu diketahui, pada hari Minggu (10/5), Indonesia berhasil menyelamatkan hampir 600 orang pengungsi Muslim Rohingya dari wilayah perairan di utara provinsi Aceh.
Ratusan pengungsi itu diamankan dari dua buah kapal kayu yang kelebihan muatan. Di antara para pengungsi tersebut, setidaknya terdapat 100 wanita dan anak-anak. Kedua perahu tersebut ditarik ke pesisir oleh nelayan setelah kehabisan bahan bakar.
“Menurut informasi yang kami miliki sejauh ini, orang-orang di kapal itu berasal dari Myanmar. Mereka adalah Muslim, dari masyarakat Rohingya,” kata juru bicara Badan SAR Aceh Mohammed Arif Mutaqin.
Namun demikian, IOM menyebut bahwa di antara para pengungsi yang terdampar itu terdapat sejumlah warga negara Bangladesh.  Setelah berhasil dibawa ke darat, sekitar 50 pengungsi segera dilarikan ke rumah sakit karena sakit atau menderita kelaparan akut..
Sejak tahun 2012 lalu diketahui ada lebih dari 100 ribu muslim Rohingya melarikan diri dari Myanmar akibat konflik internal yang terjadi.(rz)