Program Pecah Belah Obama : Jadikan FSA , Pasukan Kurdi, Syiah Irak , Negara Teluk VS Islamic State

obama13Presiden Barack Obama menegaskan kembali pada hari Rabu bahwa ia tidak berniat untuk mengirimkan pasukan AS dalam pertempuran melawan  Negara Islam, meskipun ia ragu tentang kemampuan pasukan Irak, milisi Kurdi dan pemberontak Suriah (FSA) untuk melaksanakan perang di tanah mereka sendiri.

“Pasukan Amerika tidak dan tidak akan memiliki misi tempur,” kata Obama dihadapan para tentara di MacDill Air Force Base.

Obama mengatakan pasukan AS “akan mendukung pasukan Irak yang bertempur di tanah  mereka untuk berjuang untuk negara mereka sendiri terhadap teroris ini (IS).”

Tapi, ia menambahkan, “Sebagai pimpinan , saya tidak akan melakukan  dan sisanya  angkatan bersenjata kita untuk memerangi perang darat lainnya di Irak.”

Obama menekankan bahwa untuk usaha yang akan  berhasil terhadap kelompok Negara Islam, AS  perlu untuk memimpin koalisi  pasukan internasional .

“Angkatan bersenjata kita  tak tertandingi dan unik. Jadi ketika kita punya masalah besar di suatu tempat di seluruh dunia, akan menjadi beban di bahu kami. Kadang-kadang itu sulit. Tapi itulah yang membedakan kami. Itu sebabnya kita adalah Amerika. ” Tambah Obama.

Pidato Obama kepada pasukan di MacDill Air Force Base adalah sebagai  kampanye atas serangan udara terhadap  IS.

Pertemuannya dengan Jenderal Lloyd Austin, kepala Komando Pusat, dan pejabat militer lainnya adalah langkah Obama  untuk meyakinkan  Kongres untuk setuju  atas permintaan Obama untuk wewenang untuk melengkapi dan melatih pejuang oposisi Suriah.

Anggota parlemen  telah mengangkat kekhawatiran bahwa AS mungkin tidak dapat menemukan pemberontak Suriah yang cukup handal  untuk menghadapi kelompok Negara Islam.

Jenderal Angkatan Darat Martin Dempsey, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan kepada  wartawan yang bepergian dengannya ke Paris bahwa  setengah dari tentara Irak tidak akan mampu menjadi mitra  efektif dengan AS untuk mendorong mundur  Negara Islam kembali. Ia mengatakan setengah pasukan Irak lainnya perlu dibangun kembali dengan sebagian pelatihan AS dan peralatan tambahan.

Dempsey mengatakan kepada senator pada hari Selasa bahwa jika diperlukan ia siap untuk penasihat militer AS untuk menemani pasukan Irak dalam pertempuran, ia “kembalikan ke Obama  untuk  membuat rekomendasi yang mungkin,  termasuk penggunaan pasukan darat.” (JL/KH)