Sang Penjagal Muslim Bosnia Akhirnya Hadir di pengadilan Den Haag

Eramuslim.com – Mantan kepala militer Serbia Bosnia, Ratko Mladic, hadir di pengadilan Den Haag pada Selasa (25/8) untuk mengajukan banding atas hukuman yang diterimanya pada 2017.  Mladic dinyatakan bersalah atas kekejaman yang dilakukan pasukannya selama perang Bosnia, termasuk pembunuhan 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim di Srebrenica.

Mladic hadir dengan mengenakan jas dan dasi merah yang tampak miring, lengkap dengan masker di mulutnya. Tak lama masker itu ia lepaskan. Dikabarnya, Mladic yang hari itu tampak lemah, mulanya mengeluh tidak bisa mengikuti persidangan.

Pengacara Mladic mengatakan kepada pengadilan PBB bahwa kliennya berisiko mengalami “kegagalan keadilan” karena ia sedang tidak sehat secara mental untuk mengambil bagian dalam sidang banding terhadap hukuman genosida yang dilakukannya.

“Sidang hari ini tidak pantas dan mengancam keguguran keadilan, sehingga saya tidak dapat tinggal diam dalam persidangan yang dipertanyakan ini,” kata pengacara pembela Dragan Ivetic di pengadilan dalam sambutan pembukaan, seperti dikutip dari AFP, Selasa (25/8).

“Saya tidak dapat memperoleh instruksi yang berarti dari Tuan Mladic, atau diyakinkan bahwa dia dapat mengikuti proses dengan serius,” tambahnya.

Sidang terhadap Mladic telah mengalami penundaan selama beberapa kali sejak Maret lalu, setelah Mladic membutuhkan operasi untuk menghilangkan polip jinak di usus besarnya, dan kemudian diperpanjang lagi karena pandemik.