Duta Besar AS Untuk PBB: Penggulingan Syiah Assad Bukan Lagi Tujuan Trump

Eramuslim – Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley, menekankan bahwa penggulingan Syiah Assad dari tampuk kekuasan tidak akan menjadi fokus utama pemerintahan Donald Trump, dan akan mencari jalan lain untuk mengakhiri perang di Suriah.

“Seseorang akan memilih pertempuran dan dengan siapa dia akan berhadapan. Dan ketika melihat ini, kita merasa perlu untuk mengubah prioritas kita. Dan fokus kita saat ini adalah bukan menyingkirkan Syiah Bashar al-Assad dari kekuasaan,” ujar Nikki Haley kepada wartawan pada hari Kamis (30/03).

Nikki Haley melanjutkan, “Prioritas kita saat ini adalah benar-benar mencari jalan solusi? Siapa yang akan berkerja bersamanya untuk membuat perbedaan nyata bagi orang-orang di Suriah,” seraya menjelaskan bahwa solusi politik akan menjadi fokus utama negaranya.

“Kita tidak bisa selalu fokus pada Assad, seperti pemerintahan sebelumnya lakukan. Apakah Anda percaya itu adalah hambatan? Ya. Apakah kita duduk dan fokus pada menggulingkan dia? Tidak,” ujar Nikki Haley.

Senada dengan Nikki Haley, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan bahwa hanya rakyat Suriah yang akan menentukan masa depan rezim Presiden Bashar al-Assad. (Alarabiya/Ram)