Fakta or HOAX: Ini Yang Terjadi Sebenarnya di Saudi

Eramuslim – Apa yang terjadi di Arab Saudi dalam 10 hari terakhir, khususnya penangkapan belasan Pangeran dan sejumlah mantan Menteri telah memicu banyaknya spekulasi apa yang sebenarnya terjadi di Tanah Suci.

Sejumlah berita palsu telah muncul baru-baru ini di berita dan media sosial terkait dengan perkembangan terkini di Arab Saudi. Beberapa di antaranya berasal dari sumber media Qatar dan Lebanon, sementara yang lainnya berasal dari kantor berita internasional yang mengutip dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut adalah 9 berita palsu teratas yang beredar. Namun, setelah ditelusuri oleh Al Arabiya News Channel, fakta-fakta yang terjadi di lapangan ternyata mengarah ke peristiwa yang berbeda dengan berita-berita tersebut :

Kunjungan Saad Hariri dibatasi di Arab Saudi dan di Intai

Faktanya adalah Hariri (Mantan PM Lebanon yang baru saja mengundurkan diri) telah bebas untuk berkunjung di Arab Saudi bahkan Hariri diterima oleh Raja Salman. Dia bahkan melanjutkan perjalanan ke Abu Dhabi dan bertemu dengan Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Pesawat Hariri kembali ke Beirut dari Riyadh Tanpa Dirinya

Faktanya adalah Pesawat itu tidak mengunjungi Riyadh sama sekali, namun kembali langsung dari Perancis.

Penjaga keamanan menyita telepon Hariri dan ajudannya dari dalam pesawat pribadinya saat mereka mendarat di Riyadh

Faktanya adalah Hariri pergi ke Riyadh dengan penerbangan reguler di pesawat komersial.