Filipina Akan Tampung 3000 Pengungsi Muslim Rohingya

2207030Eramuslim.com – Filipina berencana memberi penampungan sementara bagi 3.000 Muslim Rohingya dan migran Bangladesh. Situs channelnewsasia memberitakan pejabat Filipina, Jumat (22/5), mengadakan pertemuan dengan Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) untuk mewujudkan rencana ini.
Sebelumnya Menteri Komunikasi Filipina Herminio Coloma Jr menatakan Manila akan memberi penampungan sementara bagi 3.000 Muslim Rohingya. Analis mengatakan Filipina serius melakukan persiapan.
Clarita Campos, profesor ilmu politik Universitas Filipina, mengatakan Manila masih harus menentukan beberapa tempat untuk penampungan.
“Ini sangat penting,” ujar Campos. “Kami juga harus mengetahui kebutuhan medis, makanan, dan kondisi kesehatan pengungsi.”
Meski tidak mungkin kapal-kapal pengungsi mencapai Filipina, Manila berharap menjadi bagian solusi menghadapi krisis kemanusiaan ini.
Filipina memiliki sejarah panjang dengan pengungsi. Pada Perang Dunia II, Filipina membantu orang-orang Yahudi yang lari dari kekejaman Nazi. Usia Perang Vietnam, Filipina menampung banyak manusia perahu dari Saigon. Filipina juga negara pelarian bagi kaum nasionalis Tiongkok, setelah komunis mengambil alih kekuasaan di Beijing.
Filipina pernah membangun Pusat Pemrosesan Pengungsi di Bataan, Luzon Tengah, tapi tak terurus karena tak digunakan lagi. (rz)