Infografik Operasi Militer Rusia Di Suriah

Su-24 RusiaEramuslim – Sudah sepekan lamanya Rusia memutuskan menarik mundur sebagian besar kekuatan militernya dari Suriah melalui sebuah pengumuman mendadak yang disampaikan Presiden Vladimir Putin pada Senin (14/03) malam.

Lalu berapa banyak militer Rusia melakukan serangan ke wilayah kelompok pejuang oposisi dalam kurun waktu 5,5 bulan terakhir? Berikut ulasannya untuk anda:

1. Selama 5,5 bulan terakhir Rusia melesakan sedikitnya 25 kali peluncuran roket ataupun persenjataan altileri berat di Suriah.

2. Sebanyak 70 pesawat dan helikopter tempur Rusia 20 kali menggelar pemboman udara tatik dan 20 kali pemboman dengan tujuan penyerangan langsung.

3. Ada sekitar 8 pesawat tempur Rusia yang lalu lalang setiap harinya di langit Suriah.

4. Dalam kurun waktu 5,5 bulan intervensi militer di Suriah Rusia sedikitnya menggunakan 43 kali bom cluster yang dilarang dunia internasional.

5. Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia menyatakan sebanyak 1.984 warga sipil tewas sejak Rusia mulai menggelar intervensi militer di Suriah pada 30 september 2015 lalu, termasuk 443 anak-anak dan 286 wanita.

6. Aleppo menjadi kota terbanyak di Suriah yang dijatuhi bom cluster oleh pesawat Rusia. Tercatat terjadi 26 kali serangan yang dilakukan kekuatan langsung mengarah ke pemukiman sipil. (Skynewsarabia/Ram)