Thomas Mantell Jr, Pilot Pertama dan Berbakat Yang Tewas Saat Kejar UFO

Namun Mantell tetap nekat mengejar UFO itu hingga ketinggian 25.000 kaki atau 7.620 meter, yang kemudian diduga bahwa hal inilah yang membuatnya mengalami kekurangan oksigen.

  • Pesawat Thomas Francis Mantell jatuh

Semua pilot sudah berbalik pulang ke pangkalan untuk grounded alias mendarat, tinggal Mantell yang tetap nekat mengejar UFO itu hingga menanjak ke ketinggian 25.000 kaki atau 7,6 kilometer.

Pesawat model Mustang P-51 ini memang tidak dirancang untuk terbang sangat tinggi bagi manusia karena kokpitnya tak begitu baik dan tak kedap udara, akibatnya perlu oksigen yang banyak bagi pilotnya.

Kemudian diduga bahwa hal inilah yang membuat Mantell mengalami kekurangan oksigen.

Mantell diduga mengalami hipoksia atmosfer atau atmospheric hypoxia, yaitu keadaan yang dapat terjadi secara alami pada ketinggian yang tinggi. Atmospheric hypoxia mengacu pada kondisi kadar oksigen rendah di atmosfir hingga membuat Mantell kehilangan kontrol, dan akhirnya pesawatnya tak terkendali, menukik jatuh berputar-putar hingga menuju daratan.

Pesawat yang dipiloti Mantell jatuh di sebuah peternakan dekat pemukiman warga di selatan kota Franklin, yang berada di perbatasan antara Kentucky dengan Tennesse. Warga setempat dibuat kaget karena mendengar bunyi ledakan yang keras ketika pesawat itu terhempas.

Petugas pemadam kebakaran yang segera datang ke lokasi mengeluarkan tubuh Mantell dari puing pesawat. Petugas pemadam kebakaran juga melihat jam tangan yang dikenakan Mantell telah mati, berhenti pada pukul 3:18 sore, tepat saat pesawat itu jatuh ke darat.

Tanggal 7 Januari 1948, pukul 3:50, setelah insiden Mantell ini berakhir, UFO yang dimaksud tidak lagi terlihat dari Godman Army Airfield.

Karena lokasi jatuhnya pesawat tidak jauh dari pemukiman warga, maka kabar menghebohkan ini langsung tersebar. Akibatnya dalam sekejap saja sudah banyak isyu dan rumor yang beredar ditengah masyarakat.

Apalagi insiden ini hanya setahun dari Insiden UFO Roswell yang diangap “masih hangat”, yaitu insiden yang diisyukan bahwa pesawat alien jatuh di gurun dekat kota Roswell berikut para makhluk extra-terrestrial yang masih berada di dalamnya.