Live Wire: Somed Lebih Nyandu Daripada Rokok Atau Alkohol

Eramuslim – Sebuah hasil kajian yang dilakukan tim peneliti di University of Chicago mengungkapkan bahwa seseorang yang kecanduan sos ial media bisa lebih kuat daripada kecanduan rokok ataupun minuman beralkohol.

Ini bukan berarti merujuk kepada seseorang yang selalu berada di depan perangkat elektroniknya menghabiskan banyak waktu untuk memainkan Facebook, Twitter atau sosmed lainnya sehingga menyabakan terbengkalainya aspek penting lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Melainkan mereka yang kecanduan media sosial adalah orang yang terdapat keinginan untuk menggunakan sosmed.

Laporan terbaru ini juga telah sesuai dengan American Journal sebelumnya yang dikeluarkan oleh Asosiasi psikologis Amerika.

Bahkan dalam penelitian yang dilakukan tim Harvard University menggunakan MRI mendapati bahwa mereka yang tak terpuaskan menggunakan Facebook, Twitter atau media sosial lainnya terjadi rangsangan di pusat kesenangan di otak seperti ketika berhubungan seks dan makan.

Kecemasan, depresi dan beberapa gangguan mental menjadi gejala penyakit dari mereka yang kecanduan sosial media. (Dostor/Ram)