Mantan Petinju Profesional Inggris Ini Diduga Kuat Hendak Gabung ke IS

17-ANthonySMall-PAEramuslim.com – Mantan petinju profesional asal Inggris, Anthony Small, dituduh mencoba bergabung dengan kelompok Islamic State. Mantan juara tinju kelas super welterweightitu mendapat dakwaan pengadilan menghasut kebencian rasial.

Pria dengan julukan ‘Sugar Ray Clay Jones Junior’ itu diketahui akan melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dan berjuang dengan IS. Selain itu, Small dituding menyebarkan materi terkait terorisme lewat media daring atau online.

“Kasus penuntutan adalah iA akan melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dan mendukung apa yang disebut Negara Islam Irak dan Suriah, yang dikenal sebagai IS,” ungkap Jaksa Richard Whittam QC pada Pengadilan Old Bailey yang terkenal di London, Senin (15/6).

Beredar pula bukti berupa sejumlah publikasi media online Small yang kontroversial. Beberapa judul yang ada yakni “Serangan oleh Muslim dalam Perspektif”, “Mengapa Negara Islam Ditolak?”, hingga pidato berjudul “Pemenggalan Lain James Foley”.

Small mengakhiri karier tinjunya pada tahun 2010 setelah dua kali kalah dalam 25 kontes. Sesaat sebelum penangkapannya, celana pendek yang dikenakan Small semasa karirnya sedang dijual. Setelahnya, ia dikabarkan segera dipilih oleh media kelompok ekstrem itu. Tahun lalu, dua orang ditangkap di belakang sebuah truk di Dover dengan dokumen perjalanan palsu. Small disinyalir memiliki keterkaitan dengan dua orang itu dan tengah menyusun rencana untuk melakukan aksi sama beberapa waktu setelahnya.(rz)