Siswi Kelas 1 SD Melbourne Bangga Mengenakan Hijab

Di kesempatan lain, Wafa ditanya oleh beberapa temannya. “Why do you wear that thing on your head?” (Mengapa kamu memakai benda itu di kepalamu?) Dengan percaya diri sebagai seorang muslim, ia menjawab, “Because I’m muslim,” (Karena saya seorang Muslim) Sang teman rupanya masih penasaran dan bertanya lagi, “But what you’re wearing that for?” (Tapi, untuk apa kamu memakainya?) Kembali dengan kepercayaan diri yang tinggi, Wafa menjawab,”Well, because I’m muslim girl and all muslim girls are not allowed to show their hair to other people, besides their own family.” (Ya, karena saya seorang perempuan Muslim dan semua perempuan Muslim tidak diperbolehkan memperlihatkan rambutnya kepada orang lain, kecuali keluarganya.) Bisa kita bayangkan betapa takjubnya teman-teman Wafa ketika mendengar jawaban ini.

Entah bagaimana caranya gadis kecil ini memiliki kepercayaan diri dan kebanggaan sebagai seorang Muslim. Biasanya anak seusianya sangat takut dianggap berbeda dari teman-temannya. Akan tetapi tidak untuk Wafa. Ia sangat percaya diri dan bangga dengan identitasnya sebagai seorang Muslim.

Tempat yang asing bagi dirinya pun semakin menempanya untuk tetap bangga sebagai seorang Muslim. Kegigihan Wafa ini rupanya juga diperhatikan oleh guru-gurunya. Ia pun terpilih sebagai student of the week (siswa teladan minggu ini) di pekan pertama ia masuk ke sekolah tersebut.

Kisah tentang Wafa yang dikutip dari buku Character Building, karangan Yudha Kurniawan SP dan Ir Tri Puji Hindarsih sungguh menginspirasi kita bahwa identitas sebagai seorang Muslim adalah suatu kebanggaan.