Anehnya Negeriku: Jadi Eksportir LNG Terbesar di Dunia, Luhut Malah Persilahkan Singapura Pasok Gas Cair ke Indonesia

Eramuslim – Selasa 15 Agustus 2017, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengungkapkan bahwa Singapura telah menawarkan untuk memasok gas alam cair (LNG) ke sejumlah pembangkit listrik di Indonesia.

Penawaran ini di diskusikan dalam sebuah pertemua yang diadakan di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dengan perusahaan listrik negara “PLN” dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Luhut menerangkan bahwa pasokan LNG akan digunakan untuk menyalakan beberapa pembangkit listrik di 7 wilayah yang dekat dengan Singapura.

“Singapura telah menawarkan LNG untuk bahan bakar pembangkit listrik di 7 tempat, termasuk di Nias, Sumatera Utara, Lhouksemawe, Aceh, dan di Riau, dll,” ujar Luhut.

Luhut menambahkan bahwa LNG akan dipasok untuk pembangkit listrik dengan kapasitas kecil antara 25 megawatt hingga 50 megawatt.

“Kapasitas totalnya hampir 500 megawatt, tapi akan dibagi di beberapa tempat terpencil,” tambahnya.

Luhut mengungkapkan bahwa pemerintah akan membuka tender pengadaan, namun menolak untuk menyebutkan perusahaan Singapura mana yang akan berpastisipasi.

Tentunya rencana Luhut ini mengundang tanda tanya. Pasalnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam artikel terbitannya pada tahun 2007 lalu menyatakan bahwa gas bumi dapat memenuhi kebutuhan Indonesia selama 56 tahun. (PI/Ram)

Ini linknya:

http://www.migas.esdm.go.id/post/read/Indonesia-Eksportir-LNG-Terbesar-di-Dunia