Anggota DPR Pertanyakan Menu Sarapan Jemaah Haji yang Isinya Cuma Nasi Kuning sama Teri Kacang

Miris! Anggota DPR Kritik Menu Sarapan Jemaah Haji, Isinya Cuma Nasi Kuning sama Teri Kacang

eramuslim.com – Iskan Qolba Lubis, anggota komisi 8 DPR RI dari PKS daerah pemilihan Sumatera Utara II, mengkritik Kemenag terkait sarapan jemaah haji yang isinya hanya nasi kuning dan teri kacang.

Kritikan mengenai sarapan jemaah haji tersebut diungkapkan oleh Iskan Qolba Lubis melalui akun Twitternya @IskanQL pada tanggal 18 Juni 2023. Iskan sendiri menerima keluhan dari jemaah haji kloter 17 KNO.

Tweet Iskan Qolba Lubis tentang sarapan jemaah haji dalam porsi kecil dan dirasa tidak layak, hingga hari Rabu, 21 Juni 2023 telah ditampilkan sebanyak 2,5 juta kali di Twitter.

“Jemaah haji kloter 17 KNO di Allow Tower 904 mengeluhkan porsi nya terlalu kecil dan apakah sesuai dengan standar gizi yang sudah disepakati dengan @Kemenag_RI?” cuit Iskan dikutip Hops.ID dari Twitter @IskanQL pada hari Rabu, 21 Juni 2023.

Cuitan Iskan itu pun mendapat tanggapan dari warganet yang mengkhawatirkan para jemaah haji lansia jika mendapat menu sarapan itu.

“Waduh, itu beneran makanan buat jemaah haji? Nasi kuning tambah ikan kacang ini dimana nilai gizinya?” kata pemilik akun Twitter Gunung Hilman @irwan_sah*** dinukil Hops.ID dari Twitter @IskanQL pada hari Rabu, 21 Juni 2023.

“Lansia disuruh makan kacang dan teri? Mungkin 2 hari baru kelar itu teri,” ucap akun Tukang Sate @Mustofa1***.

Sementara warganet lain berpendapat bahwa untuk porsi menu sebenarnya bersifat relatif.

“Untuk porsi relatif sih ya. Tapi keluhan terbanyak itu: menu makanan yang tidak ramah lansia padahal tagline nya haji ramah lansia,” ucap pemilik akun Twitter M Fajar @bangshidd***.

“Jangan cuma kacang sama teri dong pak kemenag, tambahin ayam dan telur, gimana sih,” kata pemilik akun @ajengcute***.

Sementara itu cuitan Iskan Qolba Lubis rupanya ditanggapi serius oleh Afif Fuad Saidi, dari GP Ansor yang membela Kemenag RI.

Afif memberikan jawaban menohok pada Iskan mengenai menu sarapan pagi yang dikomplain jemaah haji Indonesia yang tengah beribadah di tanah haram, Arab Saudi.

Menurut Afif Fuad Saidi, justru komisi 8 DPR meminta makan hanya 2 kali, dan tidak ada sarapan.

“Karena pentingnya sarapan, takut jemaah haji perutnya kosong, GusMen (panggilan akrab menteri agama, Yaqut) minta tetap ada sarapan dengan menu sederhana, untuk mengganjal perut saja,” ucap Afif dikutip Hops.ID dari akun Twitter @afiffuads pada hari Rabu, 21 Juni 2023.

 

(Sumber: Hops)

Beri Komentar