Besok, Mahasiswa Bergabung Dengan Buruh Demo Istana Negara

Eramuslim.com – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal melakukan aksi demonstrasi menolak pengesahan Undang-undang Omnibus Law Ciptaker (UU Ciptaker) di depan Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (8/10) besok.

Aksi yang rencananya dimulai pukul 10.00 WIB ini bakal diikuti mahasiswa dari 300 universitas, baik dari Jabodetabek hingga wilayah lain seperti Kalimantan, Sumatera, hingga Sulawesi.

“Kami kemarin baru saja konsolidasi nasional, dan semua wilayah sudah menyatakan tanggal 7 Oktober ini bakal turun di wilayah, kecuali Jabodetabek. Besok tanggal 8 Oktober akan kedatangan dari Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, merapat semua ke istana,” kata Koordinator Media Aliansi BEM SI Andi Khiyarullah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (7/10).

Andi menyebut tuntutan mereka masih sama, yakni mendesak Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait pencabutan UU Ciptaker.

Ia mengatakan mahasiswa bakal menyuarakan penolakan UU Ciptaker yang dinilai tidak berpihak kepada rakyat, sekaligus menggemparkan mosi tidak percaya kepada pemerintah dan DPR.

“Fokus kita adalah bagaimana membuat Presiden Jokowi dalam membuat Perppu,” lanjutnya.

Kendati demikian, Andi belum bisa memastikan berapa total mahasiswa yang akan bergabung dalam aksi itu. Namun ia memastikan aksi itu akan diikuti ratusan perguruan tinggi negeri dan swasta.

“Sementara sampai saat ini kami masih rekap data dari kehadiran mahasiswa baik PTN dan PTS,” jelas Andi.

Dihubungi terpisah, Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Remy Hastian menyebut aksi ini sudah dipersiapkan jauh hari dan sudah mengajukan perizinan untuk aksi turun jalan kepada aparat keamanan.