Dana Simpanan BPKH untuk Perkuat Rupiah, Sammy: Awas! Mirip Skandal 1MDB Najib Razak

Selain itu, Iskan juga menilai bahwa penggunaan dana haji di luar peruntukkan bagi jemaah haji berpotensi melanggar hukum, terutama UU 34/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji.

Penulis Jonru Ginting mempertanyakan hal yang sama. Bahwa, dana haji tidak boleh digunakan untuk keperluan lain tanpa seizin yang punya uang.

“Ini serius? Bukankah dana Haji itu amanah, tidak boleh digunakan untuk keperluan lain tanpa seizin yang punya uang?????,” tanya Jonru di akun @JonruGintingNew meretweet cuitan @tifsembiring.

Direktur CSPS Indonesia Prijanto Rabbani juga mengingatkan agar dana haji tidak dipakai untuk keperluan lain. “Duh, dana Haji jangan dipakai untuk keperluan lain…,” tulis Prijanto di akun  @PrijaRabbani_.

Sindiran keras dilontarkan komedian stand up Sam Dharmaputra Ginting atau Sammy Comic. Sammy menyebut penggunaan dana Haji untuk keperluan lain ini mirip dengan skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB). 1MDB menerbitkan surat utang untuk membiayai pembangunan. Namun, sebagian besar dana malah mengalir ke rekening pribadi PM Najib Razak.

“Pengelolaan dana Haji untuk memperkuat rupiah? Mirip-mirip 1MDB nih… hati-hati ahh…,” tulis Sammy Comic di akun @NOTASLIMBOY. (*)