Di Awal dan Akhir Debat, Sandiaga Cium Tangan Ma’ruf

Eramuslim.com – Ada momen menarik saat dua paslon Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga mengawali debat perdana Pilpres 2019, Kamis (17/1/2019) malam.

Momen itu terjadi usai menyanyikan lagu Indonesia Raya, yakni saat kedua Cawapres Ma’ruf dan Sandiaga berinteraksi.

Sandiaga tampak mencium tangan Ma’ruf Amin. Ma’ruf pun merespons dengan menepuk pundak Sandi yang masih dalam posisi menunduk mencium tangan sang kiai.

Tidak hanya itu, di akhir debat yang berlangsung cukup tegang dan memanas, antar kandidat kemudian kembali bersalaman. Kedua paslon tampak saling menyapa dan tersenyum.

Jokowi kemudian menjabat tangan Prabowo yang bersambut kepada Sandiaga Uno. Begitu pula dengan Ma’ruf Amin yang menjabat erat tangan Prabowo.

Namun, pemandangan berbeda kembali terlihat ketika jabatan tangan bersambut kepada Sandiaga Uno.

Berbeda dengan Prabowo yang terkesan formal, Sandi justru menarik tangan Ma’ruf Amin. Di momen ini, Sandiaga tampak kembali mencium mantan Ketum MUI itu.

Bahkan, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mencium tangan Ma’ruf Amin hingga berulang kali, baik pada bagian punggung tangan maupun telapak tangan sang kiai.

Membalas perilaku Sandi, Ma’ruf Amin lagi-lagi hanya tersenyum dan kembali menepuk lembut bahu Sandi yang tengah menunduk.

Acara debat perdana pun kemudian selesai. Kedua paslon kemudian meninggalkan lokasi di Ruangan Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Diketahui, debat ini dipandu presenter Ira Koesno dan Imam Priyono. Debat perdana ini mengusung tema HAM, hukum, korupsi, dan terorisme. (kl/tsc)