Dinamika di Detik-detik Terakhir Jelang Pemilu 2019: Prabowo Kalahkan Jokowi?

Pada akhirnya, terdapat fenomena yang tak banyak orang memperhitungkan, yaitu Silent Voters. Silent Voters sangat mungkin mempengaruhi secara signifikan hasil akhir pemilihan umum yang akan diselenggarakan 17 April 2019 nanti.

Mereka yang condong ke 02 cenderung tidak menampakkan preferensinya dan aras politik di dunia kerja mereka selama berada di lingkungan pergaulan.

Silent Voters adalah variabel yang tak terbaca namun bisa sangat mematikan. Ia sangat mungkin mengubah konstelasi politik yang diramalkan banyak orang sebelumnya.

Mereka, para Silent Voters biasanya memisahkan antara ekspresi politik dan profesionalitas di dunia kerja, tapi mereka sendiri cukup aktif di media sosial.

Masyarakat sendiri sebenarnya dapat terus mendengar perbincangan terkait preferensi politik, di sekitar mereka. Mereka tidak mengekspresikan secara terbuka, tapi mereka punya kecenderungan untuk memilih salah satu dan sedang mengakumulasi pengetahuan dan keyakinan untuk memilih.

Mereka yang hening ini membuat potensi untuk memenangkan pemilu menjadi sama-sama kuat, 50-50. Masing-masing memiliki potensi sama besar selama konstituen terus membicarakan tentang diri, visi-misi dan program mereka.

Diskusi politik yang muncul dalam berbagai situasi dan kondisi terutama di akar rumput sangat mungkin menggeser atau menguatkan pilihan mereka.

Walaupun saat ini kita sedang menghadapi masa tenang, tidak bisa tidak di akar rumput kita akan terus mendengar perbincangan tentang kelebihan, kekurangan, bagaimana masyarakat membandingkan kandidat, juga tak lupa debat-debat di media sosial. Perbincangan yang pada dasarnya akan sangat mempengaruhi hasil di penghitungan KPU nanti. (rmol)

OLEH: HENDRI SATRIO
Pengamat politik dari Unoversitas Paramadina dan pendiri lembaga survei KedaiKOPI

————————–

ERAMUSLIM DIGEST EDISI 8, SATANIC FINANCE, PENJAJAHAN BERBASIS KEUANGAN,  BEST SELLER BUKU PEKAN INI…, “jelas sekali buku ini mengurai penyebab asal muasalnya , pantaslah negeri Indonesia menjadi seperti ini…” PESAN SILAHKAN WA/SMS KE 085811922988.

INI LINK NYA : https://m.eramuslim.com/resensi-buku/the-satanic-finance-eramuslim-digest-edisi-8.htm