Dinamika di Detik-detik Terakhir Jelang Pemilu 2019: Prabowo Kalahkan Jokowi?

Eramuslim – DINAMIKA menjelang hari H Pemilu 2019, membuat banyak pihak terutama masyarakat awam memertanyakan lagi keyakinan mereka dalam hal memilih kandidat.

Kompetisi dalam menyampaikan janji pemilu pada hari-hari kemarin menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keyakinan pemilih. Namun faktor yang paling signifikan adalah diskusi dan perdebatan yang ada di akar rumput pada masa tenang.

Masa tenang adalah situasi di mana seseorang akan membulatkan tekad atau bahkan mengubah pilihannya. Pada momen ini juga para politisi yang sebelumnya berkejaran dalam hal kampanye, harus merasakan degup kencang karena was-was pemilih mereka berpindah ke lain hati.

Detik-detik terakhir banyak konstituen yang belum yakin terhadap pilihannya. Mereka bukanlah yang belum menentukan pilihan sama sekali, tapi sebagian adalah swing voters. Mereka yang belum yakin atas pilihannya.

Apabila kita menilik dinamika di periode genting ini, tak sedikit pendukung 01 misalnya yang belum terlalu yakin atas program yang dijanjikan oleh Jokowi. Mereka memandang bahwa program Jokowi pada lima tahun kemarin sendiri belum berjalan secara optimal.

Kalau yang kemarin saja belum bisa terealisasi, bagaimana bisa Jokowi menjanjikan hal baru untuk lima tahun ke depan dan mengharapkan masyarakat begitu saja percaya bahwa dirinya mampu merealisasikannya. Akankah janji tersebut sekadar menjadi pepesan kosong belaka

Dinamika di lapangan sendiri seringkali tak terprediksi, terutama setelah berbagai pertarungan terbuka yang dilancarkan oleh dua belah pihak. Debat calon presiden dan calon wakil presiden tentu saja menjadi salah satu faktor public bisa menilai bagaimana visi dan potensi dari masing-masing kendidat.