Event WSBK dan MotoGP di Mandalika Rugi Berat, Erick Thohir: Event yang Memberatkan, Negosiasi Ulang

WSBK dan MotoGP di Mandalika Merugi, Erick Thohir: Event yang Memberatkan, Negosiasi Ulang

Eramuslim.com – Sejumlah event internasional di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat disebut merugi. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut akan melakukan negosiasi ulang terhadap beberapa event tersebut.

“Ada beberapa event yg saya rasa, misalnya memberatkan ya kita negosiasi ulang. Itu hal yang biasa,” ujar Erick usai rapat bersama Komisi VI DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023.

Adapun sejumlah event yang pernah diselenggarakan di Sirkuit Mandalika adalah World Superbike (WSBK) hingga MotoGP.  “Tapi kalau MotoGP-nya itu sangat positif untuk branding sebuah negara,” beber Erick.

Dia menuturkan, jika dilihat banyak sekali kegiatan international event yang mendukung pariwisata ke depan. Walaupun, kata dia, untuk jangka pendek belum terasa.

“Tapi, kalau sudah 2-3 tahun itu menjadi merek yang berkesinambungan. Itu menjadi kekuatan,” kata Ketum PSSI itu.

Sebelumnya holding BUMN pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau dikenal InJourney, berencana menghapus penyelenggaraan WSBK dari Sirkuit Mandalika. Sebab, kerugian dari gelaran event tersebut menembus Rp 100 miliar.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, mengatakan kerugian terbesar Sirkuit Mandalika berasal dari penyelenggaraan WSBK. Menurut dia, ajang tersebut tidak menarik bagi investor untuk masuk menjadi sponsor.

“WSBK ini menunjukkan kerugian, sehingga apa yang kami lakukan adalah kami akan bernegosiasi untuk menghilangkan WSBK ini,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu, 14 Juni 2023.

Dony menilai, jika penyelenggaraan WSBK dihilangkan, maka bisa membantu menurunkan beban perusahaan. Kerugian yang ditimbulkan tidak makin besar tiap tahunnya, kata dia, dibandingkan bila event tersebut dipertahankan.

“Nanti WSBK ini akan turun, akan kita hilangkan, sehingga tidak muncul biaya di dalam penyelenggaraan WSBK yang itu sebetulnya event-nya tidak menarik secara sponsor,” kata Dony.

Adapun event MotoGP pada 2022 lalu juga merugi. “Kita sudah menghitung, kita punya gap itu kurang lebih Rp 50 miliar,” tutur dia.

Sumber: tempo

Beri Komentar

34 komentar

  1. Rasanya tidak mungkin rugi berat, jutaan orang menonton dari televisi, YouTube, tribun dll, mustahil rugi. Puluhan negara berupaya minta dinegaranya diadakan Super Bike tapi ditolak penyelenggara & negara Indonesia beruntung dapat pilihan. Beritanya memberatkan pemerintah, seakan2 membuat acara Super Bike rugi berat…. Berita menghasut

    1. Itulah kalau sebuah kegiatan dilakukan hanya buat pencitraan, y Terima nasib saja.
      Ente bilang berita nya memberatkan pemerintah, kan dari awalnya pemerintah sudah berat, tapi biar kelihatan wahhh, dibuatlah sirkuit.. ???

      1. Betul ….. kalau beritanya sih huebat, bombastis …. Maklum pencitraan. Sekarang siapa yang untung …..

      2. Kayak baru dengar laba (rugi) ? Sejak zaman ribuhan tahun sdh terbiasa. Inikan ribut krn ada hati yg hitam. Yg terpenting dlm bernegara jangaan dikorupsi, jgn jg jual harga diri….toh laba rugi dlm uangnya muter2 di dlm negara sendiri…. jgn jg ada agenda ngak ada agenda fee jadi permanen.

    1. Lha bloon amat ini MotoGP rugi 50 m terus WSBK dihapuskan karena berpotensi rugi 100 m untuk mengurangi kerugian tiap tahunnya, jadiiiiiiiii apa untungnya pembangunan sirkuit ini belum lagi perawatan dan balikin modalnya, ini perencana nya siapa ya masa ambyar begini

  2. Bisa rugi juga mungkin krn lokasi.. disatu sisi Mandalika bagus krn untuk mendongkrak pariwisata.. namun lokasi di lombok tentuk menimbulkan biaya tersendiri bagi penonton Indonesia… apalagi tiket pesawat domestik dirasa sangat mahal..

  3. Kalo mendekati pemilu kayak gini niiih….unsur berbau politik…olah raga jangan di campur adukan dg politik bro….jangan sampai kejadian di sepak bola tempo hari terulang kembali

  4. Ya begitu deh, coba kalau Formula E yg begitu, abis om Anis … Manusia punya rencana Allah yg menentukan. Berbaik caralah buat kemajuan, bukan saling jatuhkan

  5. Penyelenggara secara finansial rugi tapi sirkuit Mandalika mempunyai multiplier effects yg sangat besar utamanya sektor pariwisata (hotel, restoran), transportasi, dan kesempatan kerja. Ada juga nilai2 sosial dan gengsi Indonesia didunia internasional yg gak bisa dinilai dengan uang.

  6. Mandalika Rugi,, kenapa Formula E yg di serang,, KPK mestinya usut uang rakyat yg dirugikan Mandalika.. Erik Tohir bagaimana ❓❓

  7. Oke.. sebaiknya coba diulang sekali lg event WBSK. Lalu sampaikan kpd investor bahwa ada pawang hujan yg kebetulan wanita & dilibatkan dlm event ini. Investor akan antusias & profit besar bisa di raih dr Mandalika

  8. Kira tunggu, bekerjalah yang terukur dan sistematis agar hasilnya manis !!!
    Jangan grusa-grusu apalagi karena muatan politik

  9. Makanya pak Erick jangan diiyakan terus apa mau Boss nya, apalagi permintaan yg mboten2 itu se-mata2 hanya untuk pencitraan…..

  10. Lama2 sirkuit nganggur.. Jadi tempat angon kambing. Karma akan menerpa kalian. JIS yg megah tdk kalian promosikan krn kesengkian.