Gubernur DKI; Komunikasi Orang Tua dan Guru Kunci Dalam Pendidikan

Eramuslim – Pentingnya peran orang tua mengantarkan anaknya masuk di hari pertama sekolah memberikan dampak yang baik. Pasalnya, orang tua dan guru dapat menjalin hubungan komunikasi yang baik dan mengenal satu sama lain serta anak didiknya.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran (T.A) 2018-2019 di SDN 01-02, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (16/7).

Terlihat orang tua murid bahkan sampai menghantar anaknya masuk di halaman sekolah/lapangan upacara sekolah. Menurut Anies, peran orang tua dan guru sama. Jika guru mendidik dari pagi ke siang. Dari sore hingga pagi lagi orang tua yang mendidik anak.

“Kita berharap hari pertama ini menjadi hari di mana orang tua sebagai pendidik pertama, dan terutama berinteraksi dengan guru sebagai pendidik anak-anak di pagi hari dan siang hari. Dua pendidik ini harus bertemu harus berinteraksi, sehingga semua potensi anak bisa dikembangkan dengan baik. Dan bila ada masalah bisa diselesaikan dengan cepat. Komunikasi antara orangtua dan guru adalah kunci,” ujar Anies.

Tak hanya itu, selain aktifnya hubungan antara guru dan wali murid. Anies juga menghimbau agar sekolah selalu memberikan pendidikan yang layak dan berkualitas baik dari segi pelajaran, akhlak, nilai sopan santun, dll. Karena dari sekolahlah anak dapat mendapatkam pelajarannya.