BBM Naik, PDIP: Itu Bukti Jokowi Peduli Rakyat Kecil

Eramuslim – PDI Perjuangan sebagai pendukung utama pemerintahan Presiden Jokowi memberikan tanggapan soal kenaikan harga BBM non subsidi. PDIP menilai, langkah itu sebagai wujud nyata kepedulian Jokowi terhadap rakyat kecil.

“Premium bersentuhan langsung dengan hajat hidup orang banyak. Berbeda dengan Pertamax yang lebih dikonsumsi oleh mobil-mobil mewah. Ini bauran kebijakan yang sangat tepat dan menunjukkan perhatian utama Pak Jokowi pada kepentingan rakyat kecil,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/10).

Sebelumnya, Premium juga direncanakan naik tetapi ditunda. Penundaan kenaikan harga Premium disebutnya menunjukkan watak Presiden Jokowi.

Jokowi menurut Hasto mendengarkan suara rakyat Indonesia, baik di kota maupun pelosok-pelosok daerah Indonesia. Tradisi blusukan Jokowi disebutnya membangun kepekaan pemimpin terhadap rakyatnya. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin itu menyebut kebijakan pemerintah di bidang energi menunjukkan peningkatan.

“Ditinjau dari kebijakan bauran energi, energy mix maka kehadiran pembangkit listrik tenaga air termasuk mikrohidro panas bumi dan pembangkit tenaga listrik Bayu yang untuk pertama kalinya dibangun di Indonesia dengan kapasitas 75 MW serta kehadiran pembangkit listrik tenaga surya yang terus dikembangkan menjadi bukti menguatnya kedaulatan di bidang energi,” ungkap dia.

Hasto menyebut, keputusan Presiden Jokowi menaikkan harga BBM sudah tepat. Keputusan itu dikatakannya memperhatikan orang banyak.