HNW Bersyukur Lebaran Tahun Ini Bersamaan: Muhammadiyah Bareng dengan NU dan Pemerintah

eramuslim.com – Lebar Idul Fitri tahun ini dipastikan bersamaan. Itu setelah sidang isbat Kementerian Agama menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriyah jatuh pada 10 April 2024.

Seperti diketahui, sejak jauh-jauh hari, Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriyah jatuh pada 10 April 2024. Ada pun Pemerintah Arab Saudi juga menetapkan hal yang sama. Itu bisa pula berarti seluruh dunia melaksanakan lebaran di tanggal yang sama.

Terkait hal itu, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan rasa syukur dan suka cita atas lebaran yang kembali bersamaan. Melalui akunnya di X (twitter), HNW berharap ukhuwah terjaga.

“AlhamduliLlah, hari Raya Idul Fithri 1445H, bukan hanya bareng tgl 1 Syawal, tapi juga di hari Rabu/10 April 2024. Muhammadiyah bareng dg NU dan Pemerintah, begitu juga di Saudi Arabia. Semoga terus terjaga ukhuwahnya; minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahirbatin 🤲🤲🙏🙏.,” tulis HNW dikuti Selasa (9/4/2024).

Warganet pun cukup ramai mengomentari cuitan dari politisi PKS tersebut. Bahkan ada yang berkomentar santai bahwa meski terjadi perbedaan, semuanya aman-aman saja.

“Ga bareng juga aman2 aja kok,” balas akun @loveniey di kolom komentar.

“Alhamdulillah MUFC dan NUFC barengan, akhirnya keluarga besar dari bapak dan ibu Lebarannya barengan lagi,” cuap warganet lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 Masehi jatuh pada Rabu (10/4) setelah diputuskan melalui sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang telah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi.

“Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan sidang Isbat, dikutip dari ANTARA.

Dengan penetapan ini, dipastikan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada hari yang sama menurut keputusan pemerintah, termasuk Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.

Sidang isbat ini dihadiri oleh perwakilan organisasi keagamaan, BMKG, BRIN, ahli astronomi, perwakilan negara sahabat, dan tamu undangan lainnya. Sidang dimulai pada Rabu pukul 17.00 WIB dan ditutup dengan penetapan 1 Syawal/Idul Fitri pada pukul 19.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan paparan terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi oleh para pakar.

Kementerian Agama telah melakukan pemantauan atau rukyatul hilal di 127 titik di Indonesia. Mereka juga mendengarkan laporan dari perukyah hilal yang bekerja di bawah sumpah pengadilan agama kabupaten/kota setempat, dari provinsi Aceh hingga Papua.

Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) RI, Cecep Nurwendaya, sebelumnya menyatakan bahwa ijtimak posisi bulan berada di antara bumi dan matahari dalam satu bujur astronomis yang menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah telah terjadi di Indonesia pada dini hari sebelumnya, pukul 01.20.47 WIB.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar