Imigrasi Soetta Jelaskan Kenapa 117 WN India Bisa Masuk ke Indonesia

Eramuslim.com – Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto, menjelaskan alasan mengapa warga negara (WN) India bisa masuk ke Indonesia.

Romi mengatakan salah satunya karena WN India itu lolos pemeriksaan kesehatan dan memiliki dokumen imigrasi lengkap.

Mulai 1-14 Januari 2021, warga negara asing (WNA) dilarang masuk Indonesia. Begini kondisi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (1/1/2021).

“Mereka yang datang itu pertama kali itu harus diperiksa oleh kantor kesehatan pelabuhan di Bandara Soetta. Nah, bilamana mereka memenuhi persyaratan dan sudah layak, dan sudah dinyatakan mereka sehat, bebas dari COVID, maka langsung ke counter imigrasi, itu alurnya,” jelas Romi saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).

Setelah lolos di pemeriksaan kesehatan, dokumen imigrasi mereka dicek jika sesuai mereka bisa keluar dari counter imigrasi itu. Kemudian WN India itu dikarantina selama 5 hari dan diperiksa lagi kesehatannya seperti tes PCR/swab.

“Setelah melalui counter imigrasi mereka akan diperiksa oleh gugus tugas di bandara akan dilakukan karantina selama 5 hari, dikarantina juga akan diberikan PCR/swab oleh petugas kesehatan di sana,” jelasnya.

Romi juga mengungkapkan data WN India yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soetta. Per 21 April kemarin, Romi mengatakan 117 WN India datang di Bandara Soetta menumpangi pesawat AirAsia QZ988.

“Menurut data keimigrasian dari data digital, dilihat dari manifesnya ada 127 orang penumpang, 117 WN India, 2 orang Indonesia, dan 8 kru juga WNI,” jelas Romi.