Ini 5 Perusahaan Penguasa Kelapa Sawit di Kalimantan Selatan, Ada Group Sinarmas

Di Kalimantan, emiten berkode AAAL ini juga memiliki perkebunan sawit dan fasilitas pabrik pengolahannya yang berada di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

2. PT Smart Tbk

PT Smart Tbk merupakan bagian dari konglomerasi bisnis Grup Sinar Mas.

Mengutip Laporan Tahunan 2019, secara keseluruhan, perusahaan memiliki perkebunan sawit seluas 138.000 hektare yang tersebar di berbagai daerah.

Perusahaan juga memiliki fasilitas pabrik pengolahan dengan kapasitas 4,4 juta ton yang menghasilkan produk CPO dan produk turunan lain.

Sepanjang tahun 2019, perusahaan mampu membukukan penjualan sebesar 36,2 triliun.

Smart tercatat memiliki 47 kebun sawit dengan keseluruhan luasnya mencapai 137.732 hektare kebun kelapa sawit dimana 77 persennya merupakan milik sendiri dan sisanya merupakan kebun plasma.

Sebanyak 46 persen atau 63.832 hektare berada di Kalimantan.

Khusus di Kalsel, masih menurut Annual Report 2019, perusahaan memiliki fasilitas pabrik biodiesel yang mengolah minyak kelapa sawit di Tarjun, Kabupaten Kotabaru, Kalsel.

3. PTPN 13

PT Perkebunan Nusantara XIII atau biasa disebut PTPN 13 merupakan BUMN yang fokus pada lini bisnis perkebunan kelapa sawit.

Di Kalimantan Selatan, PTPN 13 adalah salah satu pemain besar.

Dilihat dari laman resmi perusahaan, perkebunan sawit PTPN 13 di Kalsel terbagi dalam beberapa unit kerja antara lain di Kebun Batulicin, Kebun Danau Salak, Kebun Kumai, Kebun Pamukan, dan Kebun Pelaihari.

Sebagai salah satu perusahaan sawit terbesar di Kalsel, PTPN 13 juga diketahui mengoperasikan beberapa pabrik pengolahan kelapa sawit.

4. Golden Agri Resources

Selain lewat PT Smart Tbk, Grup Sinar Mas juga memiliki perkebunan dan pabrik kelapa sawit lewat kepemilikan saham di perusahaan lainnya yakni Golden Agri-Resources.

Luasan perkebunan sawitnya bahkan mencapai 498.000 hektare atau jauh melampaui luasan kebun kelapa sawit di bawah PT Smart Tbk.

Selain menjadi pemain besar dalam memproduksi minyak sawit, perusahaan ini juga dikenal sebagai salah satu penghasil minyak biodiesel terbesar di Indonesia.