Ini Baru Pemimpin: Banjir Jakarta Tanggung Jawab Anies Baswedan

Eramuslim – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya bertanggung jawab penuh atas banjir yang melanda ibu kota.

“Saya bertanggung jawab. Jadi ketika kejadian (banjir) kemarin saya tahu ini tanggung jawab saya. Dan saya instruksikan apa yang menjadi amanat dari saya ke bawah untuk memastikan sampai di ujung paling bawah semua akan bertanggung jawab,” kata Anies di Balai Kota, Selasa(12/12).

Anies mengaku ada beberapa masalah hingga menyebabkan terjadi banjir, salah satunya tidak berfungsinya beberapa pompa sebagaimana seharusnya. Kata dia, di Jakarta ada 145 rumah pompa, 152 pompa stasioner, dan 150 pompa mobile atau bergerak.

“Nah kemarin yang tidak berfungsi itu yang di Dukuh Atas sehingga menimbulkan genangan, dua yang berfungsi sehingga perlu waktu satu jam (untuk surut) yang seharusnya tidak terjadi,” ujar Anies.

Anies menambahkan, banjir parah yang juga terjadi di Jalan Gatot Subroto bagian selatan dan Jalan Rasuna Said disebabkan aliran air yang terhambat proyek yang sedang berjalan, baik MRT, LRT, maupun proyek lain. Ia mengaku telah menginstruksikan jajarannya untuk memastikan tali air di semua proyek berjalan lancar.

“Tapi kami bersyukur bahwa genangan itu surut relatif cepat,” katanya. (Tsc/Ram)