IPW Heran Gaji Polisi di Bawah UMP tapi Banyak yang Bergaya Hidup Mewah

“Dengan adanya TR (telegram) yang meminta semua anggota Polri harus hidup sederhana ini menunjukkan bahwa ada sebuah keresahan di internal kepolisian terhadap gaya hidup yang tidak wajar dari sebagian besar anggotanya. Selain itu, ada rasa malu yang berkembang di internal Polri terhadap sorotan dan kecaman masyarakat terhadap gaya hidup sebagai besar polisi di negeri ini,” papar Neta.

Di sisi lain, Neta berpandangan aturan tersebut sesuatu yang positif. Tapi tidak cukup sampai di situ, pasalnya Propam harus berani pula mendata dan mengungkap siapa saja anggota Polri yang bergaya hedonisme dan selalu memamerkan kekayaan.

Kemudian, tambah dia, siapa saja anggota Polri yang memiliki kekayaan luar biasa hingga melebihi penghasilannya. Sebab dari pantauan IPW, cukup banyak anggota Polri, terutama para istri jenderal, yang suka pamer kekayaaan dengan barang bermerek dan supermahal.

“Pertanyaannya, jika TR hidup sederhana itu tidak dipatuhi, apa sanksinya? Beranikah TR itu menindak istri-istri jenderal yang kerap bergaya hidup glamor dengan barang-barang branded berharga supermahal,” tutur Neta. [kz]