KH Ma’ruf Amin Nyatakan Siap Jadi Cawapres Jokowi

Eramuslim – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menanggapi isu nama dirinya yang ada di daftar 10 kandidat cawapres untuk Presiden Joko Widodo versi Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Ia menyatakan siap jika negara memanggilnya menjadi cawapres mendampingi Jokowi.

“Kalau untuk negara, kalau untuk pribadi saya sebetulnya jadi ini (kiai) saja sudah cukup. Tapi kalau negara dan bangsa memerlukan, biasa-biasa saja,” ujar KH Ma’ruf kepada wartawan seusai acara zikir bersama di Kejaksaan Agung, Jl. Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (20/7).

Ketika ditegaskan lagi oleh wartawan terkait siap atau tidak dirinya menjadi cawapres Jokowi jika terpilih, dia mengatakan kesanggupannya.

“Iyalah buat negara. Semua orang harus siap buat negara, kalau negara perlu, semua orang harus siap,” tegas KH Ma’ruf.

Namun KH Ma’ruf mengatakan hingga saat ini belum ada komunikasi dan pertemuan dengan Jokowi terkait dengan cawapres. Ia juga heran mengapa namanya muncul dalam 10 nama cawapres tersebut.

“Belum (ada pertemuan). Nggak ada, makanya saya heran kenapa nama saya muncul dari mana, he-he-he…,” ucapnya.

KH Ma’ruf menjelaskan dirinya tidak mau mengintervensi Jokowi terkait kriteria dan sosok cawapres yang akan dipilihnya. Ia juga belum mengetahui sosok yang akan dipilih Jokowi.