Kisah Claudia Tarik Awan Bikin Jakarta Tak Turun Hujan

Eramuslim.com – Indahnya langit Jakarta sejak kemarin menjadi pemandangan yang langka bagi warga ibu kota. Ternyata, ada peran badai Claudia di balik cerahnya langit di Jakarta dan absennya hujan.

Analisis itu disampaikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Langit biru cerah ini muncul, karena awan ditarik oleh Badai Claudia.

“Badai Claudia di selatan Jawa yang menarik awan sehingga 2 hari kemarin Jawa hingga Nusa Tenggara relatif cerah. Bergesernya posisi matahari ke selatan selain menimbulkan kekeringan yang mengakibatkan kebakaran lahan yang besar di Australia saat ini juga melahirkan Badai Tropis Claudia. Dilihat dari satelit lingkungan dan cuaca tanggal 13-14 Januari 2020. #badai_claudia #badai #satelit #LAPAN_RI #indonesia,” tulis Lapan dalam akun Twitter resminya, Selasa (14/1/2020).

Cerita Claudia Tarik Awan Bikin Jakarta Tak Turun Hujan

Informasi soal penyebab fenomena langit cerah ini juga dikonfirmasi oleh Peneliti Sains dan Teknologi Atmosfer Lapan, Trismidianto. Dia menjelaskan bahwa Badai Claudia memang menarik awan. Hal ini dibuktikan dengan kondisi suhu hangat saat malam hari.