Komentari Kemenag, Pendakwah Derry Sulaiman: yang Panas Dengar Adzan Itu Setan!

kemenag

eramuslim.com – Pendakwah Derry Sulaiman, komentari aturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama atau Kemenag soal pengeras suara di masjid dan musola, bahkan Derry Sulaiman menyindir Kemenag dengan mengatakan bahwa yang panas dengar suara adzan itu setan.

Diketahui bahwa Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama, mengeluarkan surat edaran baru mengenai peraturan penggunaan pengeras suara di masjid dan musola.

Menurut Derry Sulaiman, peraturan itu mesti diabaikan di wilayah yang 100 persen muslim, karena tidak akan ada warga yang terganggu dengan suara adzan. Menurutnya, hanya iblis dan setan yang mempermasalahkan suara adzan.

“(Peraturan) ini mungkin hanya bisa berlaku di kota-kota besar atau pun di tempat-tempat muslim yang minoritas atau berimbang,” ujar Derry Sulaiman dalam video yang diunggah oleh channel youtube Derry Sulaiman and Sahabat, pada Selasa, 22 Februari 2022, dengan judul ‘Video Reaction! Mestinya Bukan Hanya Masjid, Tapi Seluruh Tempat Ibadah’.

“Tapi kalau di Aceh, di Sumatera Barat, di tempat-tempat yang 100 persen muslim ya, peraturan ini mesti diabaikan!,” ujar Derry Sulaiman melanjutkan.

“Karena tidak akan ada orang yang bermasalah dengan suara adzan, kecuali iblis, yang panas dengar adzan itu setan!,” ujar Derry Sulaiman melanjutkan.

“Saya tinggal di Bali lama, dan saya tidak masalah dengan suara hura, yang kadang luar biasa kerasnya, bunyi gamelannya itu,” ujar Derry Sulaiman melanjutkan.

Kemudian, Derry Sulaiman berpendapat bahwa seharusnya peraturan ini tidak hanya ditujukan kepada masjid, melainkan seluruh tempat ibadah.

“Menteri Agama atau pun pemerintah memahami bahwasanya Indonesia ini bukan hanya muslim saja,” ujar Derry Sulaiman menjelaskan. “Mestinya surat edaran Menteri Agama bukan khusus buat muslim, ini juga salah! mestinya surat edaran ini untuk pengeras suara tempat ibadah!,” ujar Derry Sulaiman menjelaskan. [Terkini]