Komnas HAM: “Polisi Harus Usut Tuntas Kasus Penyerangan Majlis Az Zikra!”

Komnas-HAMEramuslim.com – Warga dan masjid yang ada di perumahan muslim Bukit Az-Zikra di Sentul, Bogor, Jawa Barat, diserang gerombolan Syiah kemarin malam (11/2). Komnas HAM menyebut penyerangan itu merupakan tindakan yang bertentangan dengan hukum, keadaban dan kemanusiaan.
“Komnas HAM menyampaikam keprihatinan atas terjadinya kekerasan oleh sekelompok orang terhadap kelompok lain/majelis Az-Zikra. Kekerasan tanpa hak atas nama apapun di samping tidak akan menyelesaikan masalah juga bertentangan dengan hukum, keadaban dan kemanusiaan,” kata komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution dalam keterangannya, Kamis (12/2/2014).
Komnas HAM mendesak agar pihak kepolisian segera mengusut tuntas peristiwa penyerangan ini. Penyerangan itu dikhawatirkan menimbulkan ketakutan di masyarakat.
“Mendesak Polri untuk mengusut tuntas pelaku kekerasan itu dengan profesional dan mandiri tanpa melihat latar belakang pelaku. Mendorong negara untuk hadir menciptakan rasa aman di masyarakat. Ini adalah syiar ketakutan baru,” tandas Maneger.
Manejer berharap agar masyarakat tidak terprovokasi dengan aksi penyerangan itu. Jangan sampai peristiwa brutal itu malah menimbulkan ketegangan.
“Komnas HAM mengajak tokoh-tokoh agama untuk menenangkan masyarakat supaya tidak terprovokasi demi terjaganya kerukunan bangsa,” ujarnya. (rz)