Makjleb! Ditanya Anak SD Soal Utang Indonesia, Sri Mulyani Susah Jawab

Eramuslim – Utang pemerintah menjadi subjek yang banyak dibicarakan masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi para siswa SD.

Salah seorang siswi kelas VI di SDN Kenari 07, Salemba, Jakarta Pusat, menanyakan langsung soal utang pemerintah ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hal ini dia lontarkan saat Sri Mulyani menjadi guru dadakan di program Kemenkeu Mengajar.

“Ibu soal utang, kan Indonesia negara kaya. Kenapa kok masih utang?” ujar Tasya, seorang siswi kelas VI A di SDN Kenari 07, Jakarta, Senin (22/10).

Sri Mulyani pun menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti, yakni hampir seluruh negara di dunia ini memiliki utang. Utang bisa digunakan lantaran keuangan negara tak mencukupi untuk pembiayaan lainnya.

Sri Mulyani mengajar kelas VI di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat. (Foto:Nicha Muslimawati/kumparan)

“Jadi kalau kita kumpulkan uang, itu masih belum cukup, kita utang. Hampir di seluruh negara tidak ada yang tidak berutang,” katanya.

Tak puas dengan jawaban Sri Mulyani, Tasya pun bertanya kembali. “Terus kalau kita negara kaya, kita kenapa enggak ngasih utang ke negara lain yang kurang uangnya? Bisa enggak, bu?” tanyanya.

“Oh ya tentu bisa. Orang kaya di Indonesia banyak yang memegang surat utang dari negara lain. Jadi negara lain juga perlu utang, ada yang dibeli surat utangnya oleh WNI,” jelasnya.