Mendagri Siap Bela 35 Kepala Daerah Yang Dukung Jokowi

Eramuslim.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menegaskan, akan melindungi kepala daerah di Jawa Tengah yang deklarasi mendukung pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Sebab, menurutnya, kepala daerah tersebut tidak melanggar aturan.

“35 kepala daerah (di Jateng) tidak ada yang melanggar. Itu setelah kita pelajari clear kok. Mereka ikuti aturan, mengajukan cuti, semua clear sesuai aturan. Kalau ada yang bilang melanggar etika, etika yang mana?” kata Tjahjo di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Tjahjo menegaskan hal itu menyusul putusan Bawaslu Jateng terhadap puluhan kepala daerah termasuk Ganjar Pranowo yang dianggap melanggar etika sebagaimana Undang-Undang Pemerintahan Daerah (Pemda) lantaran mendeklarasikan dukungan pasangan calon 01.

Namun, menurut Menteri dari PDI Perjuangan, hingga kini Kemendagri belum menerima surat dari Bawaslu Jateng terkait deklarasi dukungan puluhan kepala daerah itu. Tjahjo mengklaim tidak bermaksud membela puluhan kepala daerah di Jateng yang mendukung Jokowi-Amin.