Menteri Agraria Sofyan Djalil Disorot Publik, RR: “Situ Kerja Buat Raja-Raja Tanah Ya…?”

Eramuslim.com – Menteri Agraria Sofyan Djalil adalah alumni Pelajar Islam Indonesia (PII dan FH-UI) yang semasa studi dia dididik agar amanah. Namun kelakuan dan perbuatannya kini dalam sorotan publik karena bau sangit ”kepentingan sempit”.  Tokoh nasional Rizal Ramli (RR) menyentil Sofyan Djalil. ”Mas Sofyan Djalil, Menteri  Agraria/Kepala BPN_RI kok malah keluarkan peraturan tutup rapat data tanah warkah ? Situ kerja buat ”raja-raja”  tanah ya ?? Kok bukannya transparan dan bela rakyat yg dirugikan oleh permainan sertifikat tanah ganda/palsu oleh banyak oknum,” kata RR Menko Ekuin Presiden Gus Dur.

Selama ini, Penyelesaian perampasan tanah sangat mudah cukup adu data saja dengan warkah yang ditutup rapat oleh BPN dengan Peraturan Kepala BPN No. 6 Thn 2013 ttg Pelayan Informasi Publik Pasal 12 Point 4 huruf H dan I. Informasi yg dikecualikan. Akibatnya banyak rakyat dan masyarakat adat dirugikan/dikorbankan. Busuk banget perbuatan itu.

Netizen A Arcapada merespon: ”Betul Pak RR, kami juga mengalami hal serupa tentang penggandaan sertifikat, mau melaporkan atau jasa pengacara, pastilah UUD (Ujung-Ujung nya Duit) apalah daya kami hanya orang kecil.”

RR hari ini menerima wakil2 masyarakat yg melaporkan bahwa tanahnya ‘dirampas’ dgn modus sertifikat ganda/palsu dll oleh oknum2 BPN & Pengadilan.. Ini jelas harus dituntaskan demi hak rakyat dan kepetingan rakyat.(krfts)