Pakar Kelautan; Dampak Reklamasi Jadikan Teluk Jakarta Sebagai Comberan Besar

Eramuslim – Pakar Kelautan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Alan Koropitan menjelaskan bahwa pembangunan reklamasi Teluk Jakarta akan mengakibatkan laut akan semakin tercemar. Ditambah dengan pembuatan tanggul, justru ini akan memperparah kondisi teluk menjadi comberan besar.

“Pembuatan tanggul itu memperparah pembuatan teluk, karena itu seperti danau yang seperti comberan. Saat ini saja sudah tercemar apalagi ditambah reklamasi,” ujar Alan dalam diskusi ‘Selamatkan Teluk Jakarta’ di Kantor LIPI, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (26/10).

Alan menerangkan bahwa sedimentasi atau pengendapan itu terjadi karena keberadaan 17 pulau baru yang dapat memperlambat kecepatan arus. Selain itu reklamasi pulau menurutnya dapat menurunkan waktu retensi untuk mencuci bahan pencemar yang masuk dari daratan dan sungai.

“Hasil simulasi sebelum dan sesudah adanya pulau reklamasi secara keseluruhan 17 pulau menunjukan semakin lamanya ‘waktu cuci’ alami teluk dalam mengencerkan material yang masuk, dalam hal ini sedimen, logam berat dan bahan organik,” jelasnya.

Alan melanjutkan pencemaran tersebut mengakibatkan sedimentasi yang makin bertambah 50-60 cm per tahun. “Kajian dari DHI (2012) menyebutkan sedimentasi akan meningkat menjadi 50-60 cm per tahun di sekitar pulau-pulau reklamasi tersebut,” kata Alan.