Papua Tagih Janji yang Diucapkan Jokowi Lima Tahun Lalu

Eramuslim.com – Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Peduli HAM Papua di Kota Sorong menagih janji Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan kasus penembakan empat siswa di Kabupaten Paniai, Papua pada 8 Desember 2014. Hingga lima tahun berlalu, janji Jokowi untuk menjalankan proses hukum atas kasus itu tidak terwujud.

Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Peduli HAM Papua menggelar aksi di Kota Sorong, Minggu (8/12/2019). Mereka menempelkan berbagai pamflet dan poster di tembok taman Kota Sorong. “Kami butuh bukti, bukan janji,” demikian salah satu kalimat yang tertulis di dalam poster peserta aksi.

Koordinator lapangan aksi itu, Ambrosius Klangit mengatakan publik di Tanah Papua selalu mengingat momen perayaan Natal di Jayapura, Papua yang dihadiri Presiden Jokowi pada 27 Desember 2014. Dalam acara itu, lima tahun silam, Jokowi berjanji untuk menuntaskan pengusutan kasus penembakan empat siswa di Paniai.\

Klangit meminta Jokowi memenuhi janjinya dengan mengadili para pemilik senjata dan peluru yang menewaskan empat keempat siswa itu, yaitu Apius Gobay, Alpius Youw, Simon Degei dan Yulianus Yeimo. Klangit menyatakan rakyat Papua bersama keluarga korban masih menanti Jokowi penuhi janji itu, kendati janji itu tidak kunjung terpenuhi hingga periode pertama pemerintahan Jokowi berakhir.