Pesisir Selatan Kabupaten Lebak Potensi Gempa Dahsyat 9 SR!

Untuk meminimalisasi korban jiwa, pihaknya berharap pemerintah terus mengoptimalkan sosialisasi kebencanaan mitigasi terhadap masyarakat pesisir selatan. Kegiatan sosialisasi itu dalam upaya mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa jika sewaktu-waktu terjadi gempa tektonik.

Belum lama ini, gempa Selasa (23/1) lalu berkekuatan 6,1 SR mengakibatkan ribuan rumah di Kabupaten Lebak, Sukabumi dan Bogor mengalami kerusakan. Selain itu juga dilaporkan seorang warga Kabupaten Lebak meninggal dunia.

Gempa tektonik berkekuatan 6,1 SR juga masuk kategori besar karena getaran sampai Jakarta dan Bandung. Dia berharap, pemerintah daerah dapat mengoptimalkan sosialisasi kebencanaan mitigasi agar tidak memakan korban jiwa yang banyak.

Sejauh ini, ujar dia, ilmu pengetahuan teknologi juga peralatan secanggih apapun belum mampu mendeteksi secara persis waktu terjadinya gempa tektonik dan tsunami.

Dia berharap, peringatan dini gempa tektonik dan tsunami harus secepatnya dilakukan sehingga masyarakat pesisir pantai selatan Lebak bisa terselamatkan dari bencana tsunami tersebut.

Penyelamatan membutuhkan waktu selama 10 menit setelah terjadi gempa, sehingga korban tidak berjatuhan.

“Kami minta warga dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap gempa tektonik itu,” katanya.(kk/md)