PKS Soal Jokowi Minta Harga PCR Rp300 Ribu: Seharusnya Bisa Gratis

PKS Soal Jokowi Minta Harga PCR Rp300 Ribu: Seharusnya Bisa Gratis

Eramuslim.com – Anggota Komisi IX DPR RI, Alifudin menanggapi soal permintaan Presiden Joko Widodo agar harga PCR diturunkan menjadi Rp300 ribu.

Menurut dugaan Alifudin, para pengusaha Lab tes PCR sudah meraup untung besar sejak Pandemi Covid 19 ada di Indonesia.

“Karena pandemi Covid-19 ini tentang kemanusiaan, baiknya semua yang ingin PCR bisa mendapat harga lebih murah lagi, atau kalau bisa gratis,” kata Alifudin kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Adapun sebelumnya, harga tes Swab PCR saat pademi Covid 19 di Indonesia yaitu dari harga batas Rp900 ribu, lalu harga Rp450 ribu, sampai sekarang permintaan pemerintah ke harga batas Rp300 ribu.

“Harga Rp300 ribu ini sama seperti usulan Gubernur Kalbar dan Kemenkes di bulan Agustus lalu, seharusnya Presiden bisa lebih murah lagi, misal menurunkan harga PCR menjadi 75 ribu seperti Antigen,” tambah Alifudin.

Politisi PKS itu juga meminta ketegasan pemerintah jika ada lab atau pengusaha PCR yang mematok harga mahal.

Lab tersebut menurutnya harus diberi sanksi tegas dan juga jangka waktu keluarnya hasil harus disamakan alias tidak ada kelas ekonomi, ekspres, atau yang lain.

“Kami berharap, setelah reses akan meminta pimpinan Komisi IX untuk memanggil pihak terkait, bahwa pandemi Covid-19 ini tidak dijadikan ladang bisnis pihak tertentu,” katanya.