Sampai Harus Pakai Buzzer, Ada Apa dengan Omnibus Law?

“Melalui tulisan ini gue secara pribadi minta maaf dan ke depannya gue dan tim akan lebih berhati-hati ketika menerima pekerjaan,” kata Gofar melanjutkan.

CNBC Indonesia sudah mengonfirmasi berapa fee atau komisi yang didapatkan oleh Gofar Hilman dan timnya, namun yang mewakili Management Gofar enggan memberikan keterangan terkait.

“Tidak ada pernyataan lain selain yang sudah kami muat via Twitter ya,” kata Fadil yang mewakili Managemen Gofar kepada CNBC Indonesia melalui surat elektronik atau e-mail.

Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kemenko Perekonomian, Elen Setiadi mengatakan tidak tahu menahu adanya para selebritis yang menggaungkan #IndonesiaButuhKerja.

Bahkan, kata Elen, pemerintah melalui Kemenko Perekonomian tidak pernah membayar dan tidak ada anggaran untuk membayar para influencer atau buzzer tersebut.

“Kami tidak pernah membayar dan tidak mungkin mempunyai anggaran untuk influencer RUU Cipta Kerja. Penyusunan dan pembahasan sesuai dengan ketentuan yang ada,” kata Elen kepada CNBC Indonesia, Kamis (13/8/2020).

Elen pun tidak tahu kenapa 21 selebritis tersebut menyuarakan #IndonesiaButuhKerja, sebagai bentuk dukungannya untuk mengesahkan RUU Cipta Kerja.

“Kemenko tidak memiliki program yang berkaitan dengan influencer. Namun kami berterima kasih apabila masyarakat ikut menyampaikan dukungannya atas RUU Cipta Kerja,” kata dia melanjutkan.

Seperti diketahui, ada 21 influencer dari berbagai kalangan yang turut mengkampanyekan RUU Cipta Kerja melalui #IndonesiaButuhKerja di instagram. Ke-21 influencer tersebut di antaranya Gofar Hilman, Inul Daratista, Cita Citata, Valentino ‘Jebret’ Simanjuntak, Rigen Rakelna dan Boris Bokir.

Ada pula Aruan Marsha, Kim Jeffrey Kurniawan, Gisella Anastasia, Gading Marten, Siti Badriah, Gritte Agatha, Fitri Tropica, Gita Bhebhita, Caesar Gunawan, Zahwa Aqilah, Ismed Sofyan, Ardhito Pramono, Adhe Giovani, Alain Goenawan, Tiyo Adji, Aisya Fabien, dan Aditya Fadila (Adit Insomnia).

 

Cara Buzzer Kampanyekan RUU Ciptaker

Berikut beberapa dukungan influencer atau buzzer yang mengkampanyekan #IndonesiaButuhKerja di instagram. CNBC Indonesia sudah mencoba menghubungi ke-21 influencer atau buzzer tersebut, namun hanya pihak dari Aditya Fadila dan Golfar Hilman, melalui managamennya yang merespon pertanyaan Tim CNBC Indonesia.

– Inul Daratists melalui akun @inul.d