Sekjen MUI Sayangkan Ajakan Berkelahi, Jokowi Bela Diri

Eramuslim – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyesalkan adanya ajakan berkelahi ditengah tahun panas politik 2018-2019.

“Hal ini jelas sangat kita sesalkan karena sangat mengganggu dan merisaukan. Karena hal ini jelas sangat berpotensi bagi mengganggu stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri ini,” ujar Abbas kepada Jawa Pos, Senin (6/8).

Menurutnya, ajakan berkelahi ini tidak mustahil oleh pihak tertentu direspon dengan hal yang sama. Sehingga akhirnya negeri ini bisa terseret kepada kerusuhan dan huru-hara yang sulit untuk dikendalikan. Untuk itu MUI mengimbau para pihak yang terlibat dalam kegiatan dan proses politik ini agar menjaga stabilitas , sopan santun dan tutur katanya.

“Karena jika dibiarkan bisa merusak persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa,” tegas Abbas.

MUI juga menghimbau agar menghindarkan klaim-klaim sepihak, yang akan menambah runyam situasi. Abbas meminta semua pihak agar berlaku dewasa dan menghormati nilai-nilai agama dan budaya bangsa Indonesia.

“Janganlah sampai karena ingin memperjuangkan kepentingan politik dari kelompok dan golongannya, persatuan dan kesatuan bangsa kita rusak dan terkoyak serta dikorbankan,” pungkasnya.