Semua Orang Pakai Masker: Dulu Ditentang WHO dan Terawan, Kini Justru Diwajibkan

Eramuslim.com – Semua orang kini wajib memakai masker jika harus keluar rumah demi mencegah penularan virus corona. Aturan ini sudah sesuai dengan instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang baru, dan diikuti oleh pemerintah Indonesia.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyerukan seluruh masyarakat untuk mengenakan masker. Namun, masker yang disarankan adalah masker kain berlapis tiga, sebab masker bedah dan N95 hanya untuk tenaga kesehatan.

Bahkan mulai 12 April, Anies menginstruksikan angkutan umum di Jakarta seperti MRT, LRT, TransJakarta, hingga KRL, untuk mewajibkan penumpang menggunakan masker. Jika tidak, penumpang tak diizinkan naik angkutan umum.

“Sesuai dengan rekomendasi WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,” ucap Yurianto dalam konferensi pers pemerintah untuk penanganan COVID-19, Minggu (5/4).

Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, sudah menyatakan masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen. Sehingga, jika kita tetap menjaga jarak, virus tak akan masuk ke dalam tubuh.

Masker kain juga sebaiknya memiliki tiga lapisan, sebab lebih efektif dalam menangkap virus. Wiku mengingatkan masyarakat juga tak lupa mencuci tangan terlebih dahulu, setelah itu mencuci masker dengan sabun secara berkala.