Siapkan 1 Juta Hektar Lahan di Kalimantan Untuk China, Gigin Soroti Kepentingan Geostrategi dan Militer

eramuslim.com — Rencana pemerintah menyiapkan 1 juta hektare lahan sawah untuk dikelola China menyai kritik. Ada yang menghubungkannya dengan geostrategu militer Negeri Tirai Bambu itu.

Pengamat Kebijakan Publik, Gigin Praginanto mengatakan pembukaan lahan dengan seluas itu mustahil. Jika tidak terkait dengan geostrategi.

“Mustahil pembukaan sejuta hektare lahan pertanian di Kalteng tak terkait geostrategi China,” ungkapnya dikutip fajar.co.id dari unggahannya di X, Jumat (26/4/2024).

Gigin menilai, sulit mengawasi aktivitas di kahan 1 juta hektare. Karenanya bukan tak mungkin digunakan untuk kepentingan militer.

“Teramat sulit mengawasi aktifitas di lahan seluas itu sehingga berkemungkinan dimanfaatkan untuk kepentingan militer menghadapi tekanan Barat di Laut Cina Selatan,” jelasnya.

Rencana pembukaan kahan 1 juta hektare yang nenggandeng Chuba sendiri mulanya diungkapkan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Pandjaitan.

Diketahui lahan 1 juta hektare itu berada di Kalimantan Tengah. Kerja sama ini, kata Luhut, akan dilakukan secara bertahap mulai dari 100-200 ribu hektare.

Luhut bilang kerja sama itu merupakan buntut keresahan pemerintah karena Indonesia tak kunjung mencapai swasembada beras dan selalu impor hingga 2 juta ton setiap tahunnya.
(sumber: Fajar)

Beri Komentar

1 komentar