Sumatera Barat Bangun Pesantren Modern Bertaraf Internasional

Eramuslim.com – Yayasan Pondok Pesantren Prof Dr Hamka Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berencana membangun pondok pesantren modern bertaraf internasional dengan dana sekitar Rp20 miliar di Kecamatan Tanjung Raya pada 2017.

“Pembangunan ini akan dilakukan pada akhir 2017 di lahan seluas lima hektare di Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya,” kata Teja Dirgahayu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Prof Dr Hamka, lansir Antara, Sabtu (25/03/2017).

Teja menambahkan bahwa pembangunan pesantren itu ditargetkan selesai pada 2020. Saat ini sedang proses pembebasan lahan dan membuat perencanaan bangunan. Sementara soal dana untuk pembangunan pesantren sebesar 20 miliar, itu berasal dari donatur asal Malaysia dan Arab Saudi.

“Dana sebesar Rp. 20 miliar ini akan digunakan untuk membangun asrama, ruang belajar, masjid, ruang pertemuan, lapangan sepakbola, kolam renang dan lainnya. Lokasi ini akan kita jadikan sebagai wisata religius sehingga ada pendapatan dari pondok pesantren,” ujar Teja.

Zainul Arifin, Pimpinan Pondok Pesantren Prof Dr Hamka, menjelaskan jumlah santri di pondok pesantren itu sebanyak 150 orang yang berasal dari MTs sebanyak 100 orang dan MA sebanyak 50 orang.

Salah seorang santri mengatakan ia melanjutkan pendidikan ke pondok pesantren ini karena permintaan dari orang tua, setelah kedua orang tuanya mengagumi ajaran dan kepemimpinan Buya Hamka.(kl/im)