Survei LSI: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Paling Merosot

Eramuslim.com – Kepolisian Indonesia menjadi institusi paling banyak mengalami penurunan kepercayaan publik dibandingkan dengan lembaga negara lain. Hal itu berdasar hasil Survei LSI Denny JA yang dilakukan sebelum dan setelah Pilpres 2019.

Survei pada Juli 2018 menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri ada di angka 87,8 persen. Namun usai Pilpres pada survei September 2019 angka itu merosot sekitar 15 persen menjadi 72,1 persen.

Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby mengatakan penurunan terjadi lantaran marak dugaan keterlibatan Polri dalam Pemilu.

“Kalau Polri, di antara semua lembaga memang rata-rata penurunannya yang paling tinggi ya. Karena Polri adalah institusi yang di saat dua Pemilu kemarin itu cukup disoroti publik,” tutur Adjie ditemui usai konferensi pers terkait hasil survei “Menurunnya Kepercayaan Publik”, di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (13/11).

Narasi yang mendengungkan keraguan netralitas polisi dalam setiap Pemilu itu cenderung dipercaya oleh publik. “Jadi dalam setiap kontestasi politik, Polri harus punya sikap atau cara kerja yang berbeda sehingga tidak mengurangi trust terhadap institusi mereka,” Adjie menyarankan.