Survei Median: 46,4% Percaya Komunis Bangkit, Tendensi China Ingin Dominasi RI

Eramuslim.com – Lembaga survei Median merilis survei dengan tema ‘Persepsi Publik Atas Isu Komunisme dan Reshuffle Kabinet’.

Survei Median: 46,4% Percaya Komunis Bangkit, Tendensi China Ingin Dominasi RI

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, mengatakan isu kebangkitan komunisme dan PKI selalu menghangat dari tahun ke tahun, terutama sekitar bulan September dan Oktober, dan selalu ditarik ke ranah politik.

Berdasarkan hasil survei, Rico mengungkapkan sebesar 46,4% masyarakat percaya terhadap isu kebangkitan komunisme dan PKI.

“Jumlah yang percaya terhadap isu kebangkitan komunisme cukup besar berkisar 46,4%. Percaya 28,5% dan sangat percaya 17,9 persen,” kata Rico dalam rilis yang digelar secara virtual, Kamis (30/9).

Sementara yang tidak percaya terhadap isu kebangkitan komunisme dan PKI sebesar 45%. Dengan demikian, ada selisih sekitar 1,4% antara yang percaya dan yang tidak percaya.
Survei kemudian dilanjutkan dengan menanyakan alasan masyarakat percaya isu kebangkitan komunisme dan PKI. Rico menjelaskan sebanyak 12,3% menilai karena ada TKA China dan proyek-proyek China yang sedang dikerjakan di Indonesia.

“Kemudian 12% menyatakan karena ulama banyak ditangkap, 11,8% karena Indonesia tergantung vaksin dari China, negara China ingin mencaplok Natuna 9,4%, sejarah tentang komunis dikaburkan 6,6%, banyak serangan ke penceramah 5,4%, dan komunis tidak akan pernah mati 1,3%,” ungkapnya.