Temuan Detonator, TNT, Senjata Laras Panjang dan Ratusan Peluru Wajib Diusut Polri, Jangan Hanya Sibuk Jualan Narasi Ancaman Ajaran Islam Khilafah

Kalau benar ini terkait pertambangan, lalu apa gunanya senjata laras panjang dan ratusan peluru ? apa mau digunakan untuk pertambangan romusha, dimana pekerjanya tidak dibayar, bekerja dibawah tekanan dan ancaman senjata ?

Justru kemungkinan yang buruk terkait adanya ancaman pertahanan dan kedaulatan negara dari kekuatan asing menggunakan modus menambang wajib diwaspadai. Selama ini, fakta tentang banyaknya serbuan TKA China yang bekerja di sektor pertambangan menjadi faktor yang harus menjadi perhatian aparat.

Sutiyoso, pernah mengungkapkan kekhawatirannya atas masifnya TKA China yang masuk ke Indonesia. Sebagai mantan pejabat intelejen, tentu Sutiyoso tak asbun soal itu.

Kecurigaan sejumlah pihak atas TKA China adalah militer yang menyamar dan dipersenjatai, harusnya menjadi perhatian penting aparat. Bisa saja modus menambang, digunakan untuk menguasai lahan dan dipertahankan penguasaan lahan tersebut dengan amunisi dan senjata.